Breaking News: Balap motor Nasional 2020 resmi dibatalkan oleh PP IMI

Halo Motoleapers…

Kabar buruk melanda dunia balap tanah air. Yaapsss, Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) resmi membatalkan semua kalender balap Nasional di tahun 2020. Gak hanya balap mobil, namun balap motor tanah air pun tidak akan dilanjutkan selama tahun 2020.

Hal ini tertuang pada Surat Edaran nomor 306/IMI/D/VII/2020 yang berisi perihal Kegiatan Olahraga Sepeda Motor Tahun 2020 dan Rencana Program Kerja IMI Tahun 2021.

Dalam surat edaran IMI, tertulis ada 3 kesimpulan hasil keputusan rapat pleno 3 IMI Pusat tertanggal 30 Juni 2020 dengan rincian sbb;

  1. Seluruh penyelenggaraan kegiatan yang belum terlaksana sesuai Kalender Nasional Olahraga Sepeda Motor Tahun 2020, terutama untuk Balap Motor/MotorprixDrag BikeGrasstrack dan Motocross, tidak akan dilanjutkan selama tahun 2020.
  2. Kejuaraan Nasional yang telah dilaksanakan sebelum dikeluarkannya surat IMI Pusat No. 162/IMI/A/III/2020 tertanggal 16 Maret 2020, agar tidak diperhitungkan sebagai Kejuaraan Nasional pada tahun 2020 karena kondisi force majeure.
  3. Hasil keputusan rapat pleno tersebut terdapat peraturan untuk menyelenggarakan event balap, baik itu motor ataupun mobil.

Bila hendak menyelenggarakan suatu Kejuaraan Nasional/Internasional (diluar dari poin pertama diatas) baik itu kejuaraan provinsi, klub event ataupun bersifat latihan bersama di wilayah IMI Provinsi, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh penyelenggara atau promotor nasional, diantaranya;

  1. Wajib dilaksanakan pada zona hijau dari kondisi pandemi Covid-19.
  2. Wajib terlebih dahulu melakukan koordinasi untuk mendapatkan pengarahan serta rekomendasi/ijin dari pemerintah daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat serta memberitahukan kepada IMI Pusat.
  3. Wajib melaksanakan protokol new normal IMI dengan edukasi, disiplin, patuh, peduli, serta bertanggung jawab sosial, agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan aman dan sesuai dengan prosedur kesehatan.

Dan tak pelak, tahun ini memang semua lini balap tanah air dihajar habis-habisan oleh pandemik Covid-19. Tapi demi memutus rantai penyebaran wabah ini, maka tindakan pembatalan dengan alasan Force Majeure adalah bentuk keputusan terbaik yang dibuat oleh PP IMI demi keberlangsungan iven balap Nasional.

Well, semoga wabah ini dapat sirna segera dari muka bumi Indonesia, demi pulihnya tatanan kehidupan kita di segala lini, termasuk sektor otomotif dan segala turunannya. Dan sampai jumpa di iven balap motor Nasional tahun depan, semoga di 2021 kita dapat menyaksikan berlaganya para pebalap terbaik tanah air di kancah balap domestik, Aamiin…

By: Motoleap7

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*