Mengenal Sejarah Safety Riding Honda – Bagian 1.

Halo Motoleapers…

Bicara mengenai Safety Riding di Indonesia, maka kita akan bicara mengenai kontribusi brand Honda untuk negeri ini Indonesia. Yaapss. sejak tahun 2002, PT. Astra Honda Motor telah memberikan sumbangsih bagi negeri dalam hal keselamatan berkendara. Honda menjadi pelopor dari program Safety Riding yang berkontribusi besar terhadap keselamatan berkendara bagi segenap lapisan masyarakat.

Nah ibarat orang jualan, Honda gak hanya menjual produk, melainkan juga menyediakan pelatihan terkait keselamatan berkendara, yang menyasar kepada berbagai lapisan masyarakat. Dan perjalanan yang cukup panjang, belasan tahun silam telah dimulai hingga terus dilanjutkan saat ini, tentunya dengan hasil yang dapat diukur baik melalui prestasi, maupun melalui kontribusi kepada masyarakat.

Salah satu bentuk edukasi Safety Riding Honda bagi kalangan pelajar

Adapun program Safety Riding Honda ini memiliki riwayat perjalanan yang panjang, yang dimulai dari pengiriman instruktur Safety Riding Honda ke Jepang untuk belajar mengenai keselamatan berkendara pada tahun 2002 silam. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan bagi Instruktur Safety Riding Honda di Main Dealer yang ditunjuk oleh PT. AHM. Dan pada tahun itu juga, dikenalah slogan “Berkendara dengan aman dan nyaman” yang dipopulerkan oleh Honda.

Adapun perjalanan Safety Riding Honda dapat dilihat pada infografik sbb;

Perjalanan Safety Riding Honda berlanjut di tahun 2003 dengan pelatihan bagi Advisor Dealer, dimana karyawan Dealer Honda juga diberikan pelatihan dan pembekalan Safety Riding untuk kemudian diteruskan di kalangan internal Dealer dan kepada Masyarakat. Tiga tahun berselang, diperkenalkanlah Honda Riding Trainer yang diadakan bagi 1000 Dealer Honda se-Indonesia.

Kemudian pada tahun 2007, didirikanlah Safety Riding Center pertama di Indonesia yang berlokasi di Serang, Banten yang dimiliki oleh Main Dealer Honda PT. Mitra Sendang Kemakmuran. Tahun ini juga, diadakanlah untuk kali pertama kompetisi Safety Riding Nasional untuk menguji skill berkendara para Instruktur Safety Riding Honda se-Indonesia. Adapun untuk kompetisi Safety Riding ini terus berlanjut sampai sekarang dan setiap tahun melahirkan juara-juara Safety Riding Honda yang berlaga di level Regional di Jepang setiap tahunnya.

Di tahun 2010 diluncurkan slogan No Sales Without Safety yang menggambarkan keseriusan Honda dalam Safety Riding. Lalu pada tahun 2015 kampanye Satu HATI selamat di jalan diperkenalkan, kampanye yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat dengan mengajak untuk lebih peduli akan keselamatan saat berkendara di jalanan.

Dan akhirnya, di tahun 2017 diperkenalkanlah kampanye #CaRi_aMaN yang menyasar lebih banyak generasi muda untuk lebih peduli akan keselamatan berkendara. Maklum, makin kesini, jumlah populasi anak muda di jalanan terus meningkat. Tentu dibutuhkan kampanye Safety Riding yang lebih dapat menjangkau mereka semua, yang tentu saja dengan pendekatan dan cara komunikasi yang sesuai dengan generasi muda.

Slogan #CaRi_aMaN yang akrab di telinga masyarakat Indonesia terkait keselamatan berkendara

Hingga saat ini, Honda telah memiliki ratusan Instruktur Safety Riding yang berkompeten dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara di tengah Masyarakat, yang didukung oleh ribuan Advisor Dealer dan Komunitas Honda, membuat program Safety Riding Honda dapat menyentuh lebih banyak masyarakat dari waktu ke waktu. Dan total telah belasan ribu kali program edukasi Safety Riding yang diadakan oleh seluruh Main Dealer Honda di seantero Indonesia, mulai dari kalangan Sekolah TK, SD, hingga SMA, dan kalangan mahasiswa. Kemudian juga ada segmen publik seperti Komunitas, M/C User, Instansi dll. Semua ragam kegiatan tersebut, pertanda bahwasanya program Safety Riding Honda benar-benar dijalankan dengan terencana dan teratur, demi terciptanya masyarakat Indonesia yang selamat di jalan.

Bersambung…

1 Trackback / Pingback

  1. Mengenal Sejarah Safety Riding Honda – Bagian 2. – MotoLeap7.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*